You Are Here: Home» » Departemen ICT

DEPARTEMEN ICT SMK PEMUDA TARUNA

Visi
Menjadi Rujukan Pengelolaan ICT Untuk Pendidikan Bagi Masyarakat Kabupaten Bojonegoro Pada Tahun 2013

Misi
  1. Mewujukan Pelayanan ICT prima kepada stakholders SMK Pemuda Taruna untuk memberikan kontribusi mutu sebagai sekolah berstandar nasional
  2. Meningkatkan professionalisme SDM sesuai kopetensi bidang tugas dan fungsi
  3. Mewujudkan pengelolaan unit ICT sekolah yang mandiri
Tujuan
  1. Menjadi sentarl kegiatan bagi jaringan sekolah di Kabupaten Bojonegoro
  2. Menjadi pusat Teknologi Informasi komunikasi sekolah yang memberi kontribusi mutuk SMK Pemuda Taruna secara berkelanjutan
Strategi Pengembangan
Strategi pengembangan, menjadi penting bagi manajemen ICT Sekolah karena berdasarkan strategi jangka panjang untuk menjadi tolak ukur keberhasilan pengembangan model manajemen ini. Berdasarkan strategi pengembangan jangka panjang tersebut ICT Sekolah “SMK Pemuda Taruna” dalam jangka pendek secara prioritas mengembangkan akses ICT sekolah untuk stakeholder internal sekolah karena pengembangan internal akan menguatkan juga jejaring dengan stakeholders eksternal sekolah, pada sub kegiatan ini meningkatkan jaringan komputer dengan menambah hotspot di lingkungan sekolah dan dukungan layanan informasi melalui pengembangan web sekolah.
Tugas dan Fungsi ICT
Sistem manajemen ICT sekolah adalah sistem pengelolaan Teknologi Informasi dan Komunikasi di smk yang mengawali dengan struktur organisasi yang minimize dan terus berkembang sesuai dengan pengembangan implementasinya secara berkelanjutan. Adapun fungsi dan tugas dari manajemen ICT sekolah adalah meliputi pengelolaan data, perangkat lunak, perangkat keras, infrastruktur, sumber daya manusia, dan aturan-aturan yang berkaitan dengan ICT.

Memenuhi persyaratan bidang Teknologi Informasi yang berpengalaman minimal 3 tahun dibidang ICT baik Software, Hadware, Brainware dengan ketentuan :
  1. Menjalankan ketentuan dan berkoordinasi dari penanggung jawab organisasi induk yaitu kepala sekolah SMK.
  2. Merancang, mengembangkan dan mengimplementasikan sistem ICT yang efektif dan efisien untuk melayani kebutuhan sivitas sekolah dan yang berkepentingan.
  3. Mengembangkan data sistim informasi pendidikan nasional, melalui kerja sama dengan Dinas Pendidikan juga bertugas untuk mengembangkan dan menjaga :
  • Data pokok pendidikan nasional (dapodik) yaitu data Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) dan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)
  • Portal Pendidikan, PSB Online dan Ujian Sekolah Online
  • Memberi evaluasi kinerja layanan organisasi ICT Sekolah secara berkala
  • Memberi pelaporan secara berkala hasil mengembangkan, dan meng-implementasikan sistem ICT secara detail dan terbatas sesuai dengan kebutuhan dan kewenangan  internal dan eksternal stakeholder sekolah
Tugas Departemen Software :
Di dalam upaya meningkatkan kualitas manajemen informasi dan komunikasi dan pelayanan publik, maka Tim Pengembang Teknologi Informasi dan Komunikasi telah berhasil membangun sistem informasi sekolah. Sistem informasi ini terdiri dari 2 jenis sistem yakni sistem yang di bangun sendiri dan hasil pengembangan aplikasi yang sudah ada [opensource].
  1. Merancang, mengembangkan, dan merawat perangkat lunak aplikasi untuk sistem informasi akademik dan sistem informasi administrasi berbasis aplikasi web.
  2. Merancang, mengembangkan, dan merawat sistem informasi untuk aplikasi internet dan intranet (web page, email, blog, dll)
  3. Merancang, mengembangkan, dan merawat perangkat lunak penunjang kegiatan akademik (LMS)
  4. Merancang, mengembangkan, dan merawat perangkat lunak untuk aplikasi perpustakaan
  5. Merancang, mengembangkan, dan merawat perangkat lunak aplikasi lain yang dibutuhkan oleh ICT Sekolah
Tugas Depatemen Hadware :
Untuk mendukung pelaksanaan proses belajar mengajar serta sebagai media informasi dan komunikasi, memiliki program yang berkaitan dengan instalasi jaringan komputer, inovasi teknologi untuk pendidikan serta pemanfaatan teknologi tepat guna. Beberapa fasilitas yang telah dibangun untuk mendukung kegiatan proses belajar mengajar adalah Jaringan Hotspot serta perangkat keras sistem informasi sekolah untuk mendukung proses manajemen.
  1. Merancang, mengembangkan, dan merawat sistem jaringan komputer utama ICT Sekolah (Core Network)
  2. Memberikan saran dan pertimbangan dalam perancangan, pengembangan, dan perawatan jaringan dan infrastruktur komputer di unit-unit lain
  3. Melakukan inspeksi rutin, perawatan dan perbaikan terhadap jaringan komputer dan infrastruktur pendukungnya yang menjadi otoritas ICT sekolah
  4. Menyusun dan melaksanakan pelatihan bidang ICT bagi seluruh stakeholders internal maupun eksternal SMK
  5. Melakukan kerjasama pelatihan profesional bidang ICT dengan institusi pelatihan profesional
Tugas Departemen Brainware :
Selain inovasi software dan hardware, peran serta  sumber daya manusia/ brainware sangatlah penting. ICT SMK Pemuda taruna telah memiliki berbagai program untuk mendukung sumber daya manusia yang berkualitas. Beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan adalah workshop dan seminar baik yang berkaitan langsung dengan dunia teknologi informasi maupun yang bersifat umum seperti entrepreneurship.

Dengan terlaksananya ketiga program kerja tersebut diharapkan ICT SMK Pemuda Taruna dapat menjadi media dan partnership bagi siapa saja yang ingin mengenal lebih jauh seputar dunia Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Sekolah merupakan sebuah institusi dengan salah satu tugas yang diembannya adalah memberikan pelayanan kepada masyarakat untuk menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) masa depan yang bermutu dan berdaya guna. Dalam prosesnya, sekolah membutuhkan sumber informasi yang mutakhir dan selalu terkini. Pengembangan implementasi teknologi informasi dan komunikasi di sekolah merupakan upaya yang sudah seharusnya dilakukan.

Melalui pengembangan ICT di sekolah, diharapkan akan mampu :
  1. Meningkatkan kemampuan guru dalam mengembangkan ICT untuk menunjang profesionalitas kinerjanya
  2. Memotivasi guru agar selalu memperbaharui informasi dan pengetahuan untuk menunjang tugasnya
  3. Memberikan pelayanan terbaik dalam proses pembelajaran di sekolah
  4. Meningkatkan komunikasi dan informasi terkini bagi guru dan siswa
  5. Meningkatkan motivasi belajar siswa
  6. Meningkatkan kebermaknaan belajar siswa
  7. Meningkatkan mutu proses pembelajaran
  8. Meningkatkan hasil proses pembelajaran siswa
Tags:

0 komentar

Leave a Reply